Harga Tomat di Kota Madiun Tembus Rp 11.000 Per Kilogram - Jurnal Jatim

Home Top Ad

23 November 2017

Harga Tomat di Kota Madiun Tembus Rp 11.000 Per Kilogram

Madiun, Jurnaljatim.com
Harga tomat di sejumlah pasar tradisional di Kota Madiun, Jawa Timur, melonjak drastis. Jika sebelumnya kisaran Rp 4.000 per kilogram hingga Rp 5.000 per kilogram, kini menembus Rp 11.000 per kilogram.

"Terus naik, kemarin Rp 8.000 dan sekarang tembus hingga Rp 11.000 per kilogramnya," ujar Lastri seorang pedagang di pasar Sleko, Kota Madiun, Kamis (23/11/2017).

Ia mengungkapkan, kenaikan itu disebabkan karena stok tomat di pasaran saat ini mulai terbatas. Buah tomat banyak yang rusak akibat curah hujan yang tinggi di sentra produksi seperti wilayah Plaosan, Magetan, seiring memasuki musim hujan. 
Akibatnya, harga kulakan yang diperoleh pedagang dari pihak distributor dan pengepul juga mengalami kenaikan.

"Dari harga kulakan sudah tinggi. Kondisi ini disebabkan karena hasil panenan petani banyak yang rusak akibat curah hujan yang tinggi," kata dia.

"Biasanya dulu per plastik isi tiga buah tomat, saya jual Rp 2000 hingga Rp 2.500. Sekarang isinya saya kurangi menjadi dua tomat per plastik dengan harga Rp2.500 hingga Rp3.000 tergantung ukuran tomatnya," tambah Imah pedagang sayur keliling.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Haryono mengatakan, selain pengaruh cuaca juga karena banyak permintaan.

"Memang permintaan juga tinggi, jadi ada kenaikan harga. Meski demikian, stok di pasaran tetap aman," kata Gaguk. (Ant/jur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar