Kawasan Wisata Makam Gus Dur Terima Anugerah Wisata Terbaik - Jurnal Jatim

Home Top Ad

22 November 2017

Kawasan Wisata Makam Gus Dur Terima Anugerah Wisata Terbaik

Kawasan Wisata Makam Gus Dur di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang.
Jombang, Jurnaljatim.com
Kawasan Wisata Religi Makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendapatkan Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) tahun 2017 untuk kategori Daya Tarik Wisata Budaya. Di kawasan wisata yang berada di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang itu, juga ada makam Pendiri NU sekaligus Kakek Gus Dur, yakni KH. Hasyim Asyari serta makam ayahnya, KH. Wahid Hasyim.

Anugerah Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur tersebut berhasil menyisihkan dua nominasi lain yakni Kampung Wisata Tanoke Jember dan Destinasi Wisata Ngrayudan Ngawi.

Sedangkan untuk kategori Daya Wisata Alam Terbaik 1 adalah CMC (Clungup Mangrove Conservation) Tiga Warna Malang, Pantai sembilan Gili Genting Sumenep dan Mojosemi forest park Magetan. Sedangkan daya Tarik wisata buatan pemenangnya bukit batu flower garden Batu, Saygon waterpark Pasuruan dan Umbul square Madiun.

Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, Rabu (22/11/2017) mengatakan, jumlah kunjungan peziarah dari tahun ke tahun semakin banyak. Saat ini, setiap hari sudah diatas 3.000 orang peziarah yang datang. Jumlah itu meningkat tiga kali lipat saat akhir pekan, seperti Sabtu dan Minggu.

Oleh sebab itu, Lanjut Bupati Pemkab Jombang terus melakukan pembangunan dan penataan di kawasan tersebut. Misalnya membangun kawasan parkir di sisi barat Makam Gus Dur untuk mengatur tempat parkir. Dulu, katanya, lokasi parkir di tepi jalan raya, sehingga arus lalu lintas menjadi tersendat.

“Terpilihnya Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur sebagai pemenang wisata Jawa Timur tahun ini, tentu akan menjadi pelecut bagi kami untuk terus berbenah sehingga mendongkrak arus wisatawan masuk, sekaligus mendongkrak perekonomian warga sekitar kawasan wisata,” ujar Bupati. (Kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar